Perancangan Shot untuk Memvisualkan Kontras Adegan dalam Film Animasi 2D "(IM)Mortal Theatre"

Muhammad, Garnish (2018) Perancangan Shot untuk Memvisualkan Kontras Adegan dalam Film Animasi 2D "(IM)Mortal Theatre". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (803kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan di masyarakat selalu dihubungkan dengan masalah sosial yang sepertinya tidak akan pernah sirna. Mulai dari tingkat individu sampai ke jenjang populasi memiliki permasalahan yang beraneka ragam. Tetapi semuanya bermula dari permasalah pada diri sendiri. Konflik pribadi ini digambarkan dengan adegan yang bermaksud menyindir masyarakat kalangan tertentu. Untuk itu, media animasi digunakan sebagai sarana kritik yang cukup aman karena kemasannya dapat dibuat lelucon, satir, pengandaian ataupun ironi. Namun permasalahannya, animasi memiliki proses produksi yang rumit dan memakan waktu lama. Jika terjadi kesalahan sedikit saja pada proses produksi, maka seluruh hasil produksi dapat diulang dari awal. Hal ini akan merugikan seluruh pihak yang terlibat dalam proses produksi. Untuk itu perlu dibuat sebuah fondasi agar adegan - adegan yang dibuat tidak mengalami kesalahan. Fondasi tersebut adalah perancangan shot. Berdasarkan uraian di atas, penulis memutuskan untuk membahas topik shot agar hasil produksi nanti tetap estetis dan bermakna. Proses perancangan shot ini akan melalui tahap pembahasan teori - teori sinematografi dan prinsip - prinsip yang harus dipahami oleh perancang shot. Teori - teori mengenai komposisi, angle kamera, visual storytelling, dan jenis shot mengambil peran utama dalam perancangan skripsi ini. Penulis juga akan menggunakan berbagai referensi dari film ataupun animasi sebagai bahan penelitian yang nantinya akan diterapkan pada shot yang penulis rancang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: shot, kontras adegan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:17
Last Modified: 04 Oct 2023 01:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item