Anson, Anson (2019) Analisa Trust terhadap Developer's Reputation dan Perceived Risk serta Implikasinya terhadap Intention to Use Telaah pada Aplikasi Shopback. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Aplikasi Shopback merupakan aplikasi e-commerce dimana pengguna dapat berbelanja secara daring dan mengumpulkan reward berupa cashback. Melalui aplikasi Shopback, pengguna dapat merasakan benefit yang diperoleh ketika menggunakan aplikasi tersebut. Trust menjadi masalah yang serius karena dengan rendahnya Trust maka konsumen akan takut untuk menggunakan suatu aplikasi dan akan menurunkan keinginan konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut. Makadari itu peneliti tertarik untuk meneliti aplikasi Shopback dari sudut pandang calon pengguna aplikasi Shopback sehingga aplikasi ini dapat terus berinovasi dan bertahan dari competitor - competitor yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi intention to use calon pengguna aplikasi atau website Shopback yang akan melakukan pembelanjaan secara daring dan menggunakan aplikasi Shopback. Model teoritis dalam penelitian ini menggunakan descriptive analysis design dengan menggunakan metode nonprobability sampling, menggunakan judgmental sampling dan disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang berbelanja daring minimal 1 kali dalam 1 bulan terakhir dan tertarik akan Cashback serta mengetahui aplikasi atau website Shopback. Karena itu, peneliti ingin meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi intention to use calon pengguna aplikasi Shopback di masa yang akan datang, dengan menggunakan faktor trust (TR), perceived risk(PR), dan developer's reputation (DR). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara Trust (TR), Perceived Risk (PR), dan Developer's Reputation (DR) terhadap Intention to Use(IU).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Trust (TR), Perceived Risk (PR), Developer's Reputation (DR), Intention to Use (IU), Cashback |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:36 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 05:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10949 |
Actions (login required)
View Item |