Pengaruh Perilaku 'Khalayak Aktif' di Kanal 'Millennials Memilih' IDN Times terhadap Sikap Politik para Pemilih Generasi Z di Jabodetabek dalam Pemilu 2019

Rahadian, Bagas (2019) Pengaruh Perilaku 'Khalayak Aktif' di Kanal 'Millennials Memilih' IDN Times terhadap Sikap Politik para Pemilih Generasi Z di Jabodetabek dalam Pemilu 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Seiring transformasi media massa ke wujud digital lewat hadirnya internet, akses terhadap informasi kian mudah diperoleh masyarakat. Berita politik dinilai masih menjadi ragam informasi yang digandrungi publik dari berbagai lapisan sosial. Namun, riset mendapati bahwa kalangan muda melek teknologi (generasi Z), khususnya di Indonesia, cenderung bersikap acuh tak acuh terhadap isu politik nasional. Realita ini dinilai telah menghadirkan tantangan tersendiri bagi media massa di zaman ini, terlebih dalam upaya mengikis kecenderungan apatisme di kalangan generasi Z terhadap dunia politik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh dari aspek keaktifan khalayak yang menjadi karakteristik audiens di era media digital terhadap sikap politik para pemilih generasi Z dalam Pemilu 2019 pada lingkup wilayah Jabodetabek. Penelitian kuantitatif-eksplanatif ini mengambil sampel sejumlah 400 responden dari kalangan pemilih generasi Z dan menggunakan teori khalayak aktif Frank Biocca (1988) untuk mengukur perilaku 'Khalayak Aktif' generasi Z, serta konsep Almond dan Verba (1990) guna mengukur sikap politiknya. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa perilaku 'Khalayak Aktif' umumnya tergerak oleh perilaku selektif generasi Z, sementara aspek evaluatif cenderung mendominasi konstruksi sikap politik yang terbentuk. Perilaku 'Khalayak Aktif' para pemilih generasi Z juga didapati memberi pengaruh sebesar 37,4% terhadap pembentukan arah sikap politik kalangan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Generasi Z, Khalayak Aktif, Sikap Politik, IDN Times, Media Online, 'Millennials Memilih', Pemilu 2019
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 172 Political ethics (Incl. international relations)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:26
Last Modified: 04 May 2023 06:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item