Aussie Irshadi, Aviriano (2019) Strategi Image Repair Citilink Indonesia (Studi Perbandingan Isi Press Release & Isi Pemberitaan Media Digital dalam Kasus Pilot Mabuk QG800). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemajuan teknologi dari masa ke masa dalam berbagai bidang mempunyai efek positif dan negatif tersendiri kepada pengguna. Dalam hal ini, bidang penyampaian informasi atau yang biasa kita kenal dengan media `berita' tentu juga mendapatkan efek dari perkembangan teknologi tadi. Dapat dilihat dari penggunaan internet sebagai sumber berita yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat hari ini. Hal ini juga berdampak pada setiap organisasi yang terkena krisis akibat suatu hal. Salah satunya kejadian `pilot mabuk' yang terjadi pada maskapai Citilink Indonesia pada tahun 2016, yang mana kejadian tersebut sempat menjadi viral dan membuat publik geram akan sikap sang kapten tersebut yang akan menerbangkan pesawat dengan rute Surabaya - Jakarta. Para penumpang menduga sang Pilot mengonsumsi obat-obatan terlarang atau yang biasa disebut narkoba. Penelitian ini menjadi menarik karena kasus serupa merupakan sebuah kejadian pertama yang terjadi dalam sejarah penerbangan di Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti akan membedah langkah- langkah Citilink Indonesia dalam merespon kasus tersebut pada media online nasional, dengan menggunakan press release sebagai objek perbandingan. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif, hal ini karena dengan menggunakan metode tersebut maka diharapkan hasil dapat diraih dengan objektif, terukur, dan replikabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi image repair pada artikel berita media online memiliki kesamaan dan perbedaan terhadap press release Citilink Indonesia. Kesamaan ditemukan pada dominasi strategi image repair yang digunakkan, hal ini menunjukan bahwa Citilink Indonesia berhasil mempengaruhi isi berita pada media online.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pilot Mabuk, Analisis Isi Kuantitatif, Image Repair, Media Online |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:24 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 06:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10980 |
Actions (login required)
View Item |