Representasi propaganda anti-iran dalam film argo: studi analisis semiotika charles sanders peirce

Agustin, Trysha Katelia (2014) Representasi propaganda anti-iran dalam film argo: studi analisis semiotika charles sanders peirce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB) | Preview

Abstract

Sejak Perang Dunia II hingga sekarang, banyak negara-negara berkuasa yang masih melakukan propaganda soft power untuk mempengaruhi pemikiran dari seorang individu. Tidak heran, para pembuat propaganda menggunakan media massa, terutama film-film Hollywood dalam menjalankan aksinya. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan dan menunjukkan bagaimana tanda-tanda visual dan non-visual merepresentasikan propaganda anti-Iran, dan bagaimana tanda-tanda tersebut mendeskripsikan makna yang terdapat dalam film bergenre historical drama thriller ini yang merupakan pemenang Academy Award for Best Picture pada tahun 2013, berjudul Argo. Film Argo bercerita mengenai peristiwa bersejarah yang mempengaruhi politik luar negeri antara Amerika Serikat dan Iran sejak tahun 1979 hingga sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis. Dengan menganalisis menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce, penulis menemukan bahwa film Argo merepresentasikan propaganda sesuai dengan tujuh teknik propaganda oleh Institute for Propaganda Analysis (IPA) berupa name calling, glittering generalities, transfer, testimonials, bandwagon, plain folks, dan card stacking, dengan kecenderungan yang mengarah ke name-calling, yang mengandung unsur stereotip anti-Iran.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:59
Last Modified: 27 Jan 2023 03:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item