Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Matematika SMP dengan Metode Gamifikasi Berbasis Online

Fernandez Quiko, Tommy (2019) Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Matematika SMP dengan Metode Gamifikasi Berbasis Online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama atau SMP adalah jenjang pendidikan lanjutan dari Sekolah Dasar yang mempelajari ilmu-ilmu dasar pengentahuan dan teknologi. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan ilmu dasar yang membantu pengembangan dan memecahkan masalah yaitu matematika. Matematika juga berperan dalam memecahkan masalah di bidang akuntansi, astronomi, ekonomi, komputer, mesin dan guru. Pada kenyataan di lapangan pembelajaran matematika masih berpusah pada buku teks dan medengerkan penjelasan atau informasi dari guru. Pemusatan pembelajaran hanya kepada guru akan cendurung menjadi membosankan dan akan membuat motivasi belajar siswa menjadi rendah. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian terkait gamifikasi dapat meningkat ketertarikan, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan masalah dan penelitian tersebut dibangun masalah tersebut maka dibangun sebuah sistem pembelajaran matematika SMP menggunakan metode gamifikasi. Octalysis Framework digunakan sebagai kerangka perancangan gamifikasi pada aplikasi mobile pembelajaran matematika SMP. Teknik game yang dipakai terdiri dari narrative, fixed action rewards, leveling up, achievements, boss fights, status points, leaderboards, boosters, plant picker/ meaningful choices, instant feedback, chain combo, collection sets, exchangeable points, followers, social treasures/ gifting, random rewards, seeing level ahead, avoiding loss. Hasil uji dari coba dengan model Hedonic Motivation System Adoption Model menunjukan bahwa penerapan metode gamifikasi dalam sistem pembelajaran matematika SMP mendapatkan hasil sebesar 84,18611% pada behavrioal intention to use dalam meningkatkan pengunaan sistem di kemudian hari, dan hasil besar 80,5441667% pada immersion dalam meningkatkan fokus ketertarikan pengguna ke sistem.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gamifikasi, Hedonic Motivation System Adoption Model, matematika SMP, mobile, Octalysis framework
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:07
Last Modified: 23 Aug 2023 02:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item