Rahim, Fadriansyah (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Tokopedia dengan Metode Technology Acceptance Model. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
E-commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Contoh e-commerce yang terkenal di Indonesia adalah Tokopedia. Menurut data, Tokopedia merupakan website e-commerce yang menempati urutan pertama di Indonesia, hal tersebut mengimplikasikan bahwa tingginya minat masyarakat dalam mengunjungi website Tokopedia. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model dan metode Structural Equation Modelling dengan mengadopsi variabel yang digunakan pada penelitian sebelumnya yaitu, Perceived Usefulness, Perceived ease of use, Perceived Risk, Satisfaction with Past Transact, dan Trust. Pada penelitian ini akan membahas faktor penerimaan pengguna Tokopedia yang dimana Tokopedia merupakan e-commerce nomor satu di Indonesia dari segi pengguna terbanyak. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna Tokopedia dalam menggunakan Tokopedia adalah perceived usefulness dan perceived risk?lalu terdapat juga faktor yang tidak langsung yaitu trust.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-commerce, Structural Equation Modelling, Technology Acceptance Model |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 02:55 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11057 |
Actions (login required)
View Item |