Mardia Ningsih, Siti (2019) Analisis Faktor Customer Service, Shipping, Tracking, yang Mempengaruhi Customer Satisfaction serta Implikasinya terhadap Future Purchase Intention, Telaah pada Website Furnitur Online Ruparupa.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Saat ini era digital semakin berkembang dengan meningkatnya pengguna Internet memberikan dampak yang serupa yaitu munculnya beragam e-commerce dengan berbagai jenis. Dengan semakin beragam munculnya berbagai macam e- commerce di Indonesia semakin memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mulai dari kebutuhan primer hingga sekunder dapat dipenuhi saat ini. salah satunya e-commerce furnitur yang mulai berkembang dan selalu meningkat setiap tahunnya. Riset dari CupoNation, mendapati ada lima sektor utama yang paling besar menyumbang pendapatan pasar e-commerce. Dan salah satu diantaranya adalah sektor furnitur sektor furnitur itu sendiri menyumbang 17,09 persen dari total pendapatan pasar e-commerce Indonesia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa masyarakat Indonesia telah banyak melakukan transaksi pembelian furnitur secara online melalui e-commerce. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh para perusahaan furnitur untuk semakin mengembangkan bisnisnya di Indonesia secara online. Untuk itu penelitian ini diajukan untuk mengatahui faktor Customer Service, Shipping dan Tracking, yang mempengaruhi Customer Satisfaction dan Serta Implikasinya Terhadap Future Purchase Intention, Telaah Pada website ruparupa.com. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 121 responden, dengan screening orang yang mengetahui ruparupa.com, pernah melakukan transaksi pembelian furnitur online di ruparupa.com dan pernah melakukan interaksi dengan customer service melalui call center, chat website ataupun melalui email. Hasil analisis menunjukkan bahwa Customer Service tidak memiliki berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Shipping memiliki pengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Tracking memiliki pengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap Future Purchase Intention. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 4 hipotesis yang diajukan penelitian ini, satu dari 4 hipotesis yang diajukan tidak sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa ruparupa.com dapat lebih mengembangkan faktor Shipping, Tracking dan Customer Satisfaction.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Online Furniture, Customer Service, Shipping, Tracking, Customer Satisfaction, Future Purchase Intention |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 02:29 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 03:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11120 |
Actions (login required)
View Item |