Analisis Pengaruh pada Attractiveness, Expertise, Trustworthiness Endorser terhadap Attitude toward Advertising dan Attitude toward Brand, dan Implikasinya terhadap Purchase Intention dari Produk Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Lipstcik

Siswaningsih, Vira Yunita (2019) Analisis Pengaruh pada Attractiveness, Expertise, Trustworthiness Endorser terhadap Attitude toward Advertising dan Attitude toward Brand, dan Implikasinya terhadap Purchase Intention dari Produk Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Lipstcik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya pengguna social media, fitur advertising yang disediakan memberikan peluang bagi banyak perusahaan untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan social media sebagai sarana beriklan adalah Maybelline. Maybelline menggunakan media Instagram dengan memanfaatkan trend endorsement dimana Maybelline memilih seseorang yang terkenal untuk mengulas produk terbarunya yaitu Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick. Adapun alasan Maybelline menggunakan Instagram dalam mengiklankan produk terbarunya karena biaya iklan yang tidak terlalu mahal serta dengan internet yang semakin banyak digunakan oleh orang. Dalam penelitian ini, Maybelline memilih Jovi Adhiguna sebagai endorser untuk mengulas produknya. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui adakah pengaruh terhadap purchase intention calon konsumen Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick dari attitude toward brand dan attitude toward advertising serta attractiveness, trustworthiness, expertise, dan celebrity/ product congruence dari Jovi Adhiguna. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 175 responden, wanita yang berusia minimal 17 tahun yang mengetahui Jovi Adhiguna, mengikuti Instagram Jovi Adhiguna, serta belum bernah membeli Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh variable berpengaruh positif, namun variabel expertise memiliki nilai yang paling rendah atau tidak berpengaruh terlalu signifkan dibandingkan variabel attractiveness, expertise, trustworthiness, attitude toward advertising, attitude toward brand, dan purchase intention. Kesimpulan penelitian ini adalah dari enam hipotesis yang diajkukan dalam penelitian ini semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Maybelline dapat lebih memperhatikan segi expertise dari celebrity endorsement untuk dapat meningkatkan purchase intention melalui attitude toward advertising dan attitude toward brand serta endorser credibility dari endorser yang dipilih.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: attractiveness, trustworthiness, expertise, celebrity/product congruence, attitude toward advertising, attitude toward brand
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:28
Last Modified: 28 Jun 2023 08:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item View Item