Siswaningsih, Vira Yunita (2019) Analisis Pengaruh pada Attractiveness, Expertise, Trustworthiness Endorser terhadap Attitude toward Advertising dan Attitude toward Brand, dan Implikasinya terhadap Purchase Intention dari Produk Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Lipstcik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sejalan dengan meningkatnya pengguna social media, fitur advertising yang disediakan memberikan peluang bagi banyak perusahaan untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan social media sebagai sarana beriklan adalah Maybelline. Maybelline menggunakan media Instagram dengan memanfaatkan trend endorsement dimana Maybelline memilih seseorang yang terkenal untuk mengulas produk terbarunya yaitu Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick. Adapun alasan Maybelline menggunakan Instagram dalam mengiklankan produk terbarunya karena biaya iklan yang tidak terlalu mahal serta dengan internet yang semakin banyak digunakan oleh orang. Dalam penelitian ini, Maybelline memilih Jovi Adhiguna sebagai endorser untuk mengulas produknya. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui adakah pengaruh terhadap purchase intention calon konsumen Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick dari attitude toward brand dan attitude toward advertising serta attractiveness, trustworthiness, expertise, dan celebrity/ product congruence dari Jovi Adhiguna. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 175 responden, wanita yang berusia minimal 17 tahun yang mengetahui Jovi Adhiguna, mengikuti Instagram Jovi Adhiguna, serta belum bernah membeli Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh variable berpengaruh positif, namun variabel expertise memiliki nilai yang paling rendah atau tidak berpengaruh terlalu signifkan dibandingkan variabel attractiveness, expertise, trustworthiness, attitude toward advertising, attitude toward brand, dan purchase intention. Kesimpulan penelitian ini adalah dari enam hipotesis yang diajkukan dalam penelitian ini semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Maybelline dapat lebih memperhatikan segi expertise dari celebrity endorsement untuk dapat meningkatkan purchase intention melalui attitude toward advertising dan attitude toward brand serta endorser credibility dari endorser yang dipilih.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | attractiveness, trustworthiness, expertise, celebrity/product congruence, attitude toward advertising, attitude toward brand |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 08:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11124 |
Actions (login required)
View Item |