Penerapan Regulasi Penyiaran dalam Pemanfaatan Informasi dari Media Sosial di Lembaga Penyiaran Televisi MNC Group

Jati Ariya Gotami, Vividha (2019) Penerapan Regulasi Penyiaran dalam Pemanfaatan Informasi dari Media Sosial di Lembaga Penyiaran Televisi MNC Group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media televisi sudah mulai memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi dalam penayangan berita mereka. Hal ini terlihat pada program berita dari beberapa lembaga penyiaran swasta (LPS). Di antaranya adalah MNC Group yang menaungi empat LPS, seperti GTV, MNC TV, iNews TV dan RCTI. LPS tersebut menggunakan video viral dari media sosial sebagai bagian dari konten berita. Pada iNews TV sendiri, sudah menyiarkan program Top Viral yaitu siaran yang memanfaatkan media sosial sebagai sumber utama dalam memperoleh informasi. Pemanfaatan media sosial ini bias jadi dipicu oleh pengguna internet yang semakin besar. Temuan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk periode 2017, mencatat sebesar 143,26 juta orang sebagai pengguna internet. Penelitian ini ingin melihat sejauh mana Kode Etik Jurnalistik (KEJ); serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) diterapkan dalam kasus pemanfaatan informasi dari media sosial sebagai bahan berita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitain ini menggunakan teori Sistem Pers Tanggung Jawab Sosial. Hasil dari penelitian ini ingin menunjukan sejauh mana media konsisten dalam menjalankan Kode Etik Jurnalistik (KEJ); Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) terutama pada siaran berita di lembaga penyiaran swasta. Selain itu, menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan lembaga penyiaran swasta dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi. Dalam penelitian ini, juga melihat tren baru dalam mengemas program berita di lembaga penyiaran swasta, khususnya di MNC Group.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Televisi, Media Sosial, KEJ, P3SPS, Studi Kasus
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:17
Last Modified: 27 Apr 2023 01:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item