Pembingkaian Masyarakat tentang Pemberitaan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia (Studi Analisis Audience Framing Detik.com dan Tribunnews.com)

Deciria Japinto, Jessica (2019) Pembingkaian Masyarakat tentang Pemberitaan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia (Studi Analisis Audience Framing Detik.com dan Tribunnews.com). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (979kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi yang cukup penting bagi masyarakat dan berfungsi untuk mengobati dan merawat orang yang sedang sakit atau membutuhkan perawatan. Rumah sakit idealnya memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu baik dan terjangkau untuk masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun ada beberapa rumah sakit yang memberikan pelayanan yang kurang baik dan merugikan pasiennya seperti pada pemberitaan di Detik.com dan Tribunnews.com tentang meninggalnya bayi Debora akibat keterlambatan penanganan karena tersangkut dimasalah biaya, meninggalnya dua pasien Rumah Sakit Siloam setelah suntik anastesi, dan pelecehan pasien National Hospital Surabaya oleh perawat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode audience framing untuk mengetahui bagaimana pembaca membingkai suatu pemberitaan pada media online. Pada penelitian ini peneliti mewawancarai tujuh informan dan mereka sangat aktif membingkai pemberitaan yang mereka baca dan muncul lah lima frame yang terdiri dari frame `kredibilitas media', frame `simpati terhadap korban', frame `click bait selalu menarik', frame `berita tidak berimbang', dan frame `kedekatan emosional'. Kelima frame tersebut muncul karena dipicu oleh dua faktor, yaitu yang pertama faktor pengalaman pribadi dan kedua faktor literasi media informan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: audience framing, kualitas pelayanan rumah sakit, rumah sakit
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:14
Last Modified: 17 Apr 2023 03:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item