Nayoan, Jessycha (2019) Hubungan Tingkat Literasi Media Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja di Kota Tangerang dengan Akses Berita Hoaks pada Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dengan kehadiran media baru yang semakin mempermudah manusia dalam memperoleh atau mengirimkan informasi, banyak hal yang didapatkan dari kehadiran media tersebut. Dengan kemudahan tersebut, tak jarang banyak ditemukan berita-berita atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keaslian atau kenyataannya. Hal inilah yang sedang dialami oleh ibu rumah tangga maupun ibu bekerja di Kota Tangerang di tengah maraknya berita hoaks yang ada dan kaitannya dengan literasi media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun peneliti ingin melihat adakah hubungan antara kemampuan literasi media ibu rumah tangga dan ibu bekerja di Kota Tangerang dengan akses berita hoaks serta mengukur tingkat literasi ibu bekerja dan ibu rumah tangga dengan akses berita hoaks. Peneliti menggunakan konsep kemampuan literasi media baru oleh Bahadir Eristi dan Cahit Erdem dan akses berita hoaks dengan dimensi akses oleh John E. Newhagen dan Erik P. Bucy. Berdasarkan penelitian terhadap 50 orang ibu bekerja dan 50 orang ibu rumah tangga, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan kedua kategori tersebut tinggi pada setiap variabel yang ada dan tidak memiliki hubungan dengan akses berita hoaks pada sosial media.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media Baru, Literasi Media Baru, Ibu Rumah Tangga, Ibu Bekerja, Berita Hoaks, Akses |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 02:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 05:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11159 |
Actions (login required)
View Item |