Model Bisnis Homeless Media: Studi Kasus pada Opini.id

Kartika Barus, Elisa (2019) Model Bisnis Homeless Media: Studi Kasus pada Opini.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi dalam memperoleh informasi menimbulkan persaingan industri media dalam membagikan informasi kepada khalayak. Para pekerja media berusaha menciptakan konten yang informatif sehinga menarik minat pembaca. Melalui internet, informasi dengan mudah didapatkan dan diakses oleh semua khalayak dengan beragam bahasa tanpa dibatasi oleh waktu. Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini mempengaruhi keberadaan pekerja dan produk jurnalistik. Hal tersebut terlihat dari media - media kovensional seperti media cetak (koran,tabloid,majalah), media siar (televisi & radio) yang mulai perlahan ditinggalkan dan beralih ke media digital yang dapat di akses melalui internet. Layaknya media online yang berkembang saat ini muncul istilah baru dalam ranah media digital yaitu homeless media atau media tampa rumah. Homeless media merupakan suatu konsep pemanjangan konten ke beberapa platform media lain salah satunya media sosial. Suatu media yang menerapkan konsep homeless media dalam bisnisnya dapat mengurangin biaya yang dikeluarkan misalnya biaya perawatan website. Opini.id merupakan salah satu portal berita yang menerapkan konsep homeless media dengan penggunaan media sosial sebagai tempat pendistribusian kontennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang diterapkan oleh Opini.id dalam menerapkan konsep homeless media melalui model bisnis Van Tassel & Poe-Howfield. Dari hasil penelitian ini, Opini.id memiliki kesamaan dengan model bisnis Van Tassel & Poe- Howfield antara lain model kontennya, model pemasaran, model distribusi hingga model pendapatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Model bisnis, Media Sosial, Homeless Media, Opini.id, Media Digital
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:05
Last Modified: 27 Apr 2023 03:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item