Kartika Barus, Elisa (2019) Model Bisnis Homeless Media: Studi Kasus pada Opini.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi dalam memperoleh informasi menimbulkan persaingan industri media dalam membagikan informasi kepada khalayak. Para pekerja media berusaha menciptakan konten yang informatif sehinga menarik minat pembaca. Melalui internet, informasi dengan mudah didapatkan dan diakses oleh semua khalayak dengan beragam bahasa tanpa dibatasi oleh waktu. Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini mempengaruhi keberadaan pekerja dan produk jurnalistik. Hal tersebut terlihat dari media - media kovensional seperti media cetak (koran,tabloid,majalah), media siar (televisi & radio) yang mulai perlahan ditinggalkan dan beralih ke media digital yang dapat di akses melalui internet. Layaknya media online yang berkembang saat ini muncul istilah baru dalam ranah media digital yaitu homeless media atau media tampa rumah. Homeless media merupakan suatu konsep pemanjangan konten ke beberapa platform media lain salah satunya media sosial. Suatu media yang menerapkan konsep homeless media dalam bisnisnya dapat mengurangin biaya yang dikeluarkan misalnya biaya perawatan website. Opini.id merupakan salah satu portal berita yang menerapkan konsep homeless media dengan penggunaan media sosial sebagai tempat pendistribusian kontennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang diterapkan oleh Opini.id dalam menerapkan konsep homeless media melalui model bisnis Van Tassel & Poe-Howfield. Dari hasil penelitian ini, Opini.id memiliki kesamaan dengan model bisnis Van Tassel & Poe- Howfield antara lain model kontennya, model pemasaran, model distribusi hingga model pendapatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Model bisnis, Media Sosial, Homeless Media, Opini.id, Media Digital |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 02:05 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11179 |
Actions (login required)
View Item |