Felicia, Felicia (2019) Kompetensi Komunikasi Multikultural dalam Ruang Lingkup Pendidikan (Studi Kasus Wall Street English di Central Park dan Pondok Indah Mall). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (971kB) |
|
Text
BAB_I (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (977kB) |
|
Text
BAB_II (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB_III (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB_IV (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB_V (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (908kB) |
|
Text
LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada era globalisasi ini setiap orang memiliki kesempatan untuk berpergian ke luar negeri baik itu untuk berwisata, bekerja, maupun melanjutkan studi mereka. Dalam konteks pendidikan, orang-orang yang memilih untuk melanjut studinya di luar tentunya harus memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya. Jika tidak memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya tersebut maka bisa saja mereka mengalami gegar budaya (cultur shock). Kompetensi multikultural juga diperlukan karena di dalam ruang pembelajaran multikultural sering dihadapkan pada masalah- masalah seperti stereotip, prasangka, rasisme, dan etnosentris. Hal ini memberikan dampak kepada proses pembelajaran yang menjadi kurang efisien dan cenderung tidak mengakomodir adanya perbedaan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hambatan dan kompetensi yang ada pada salah satu tempat khursus Bahasa Inggris yaitu Wall Street English. Peneltian ini menggunakan paradigma post- positivis, jenis dari penelitian ini adalah kualitatif, dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi akomodasi dengan metode studi kasus. Informan dari penelitian ini terdiri dari empat orang yang terbagi menjadi dua orang guru native yang berasal dari Amerika dan dua murid didiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hambatan-hambatan komunikasi antarbudaya yang dialami diantaranya yaitu adanya perbedaan bahasa, perbedaan pola komunikasi, perbedaan budaya waktu, dan perbedaan gaya mengajar. Untuk mengatasi perbedaan budaya yang ada, menurut data hasil penelitian native teacher lebih banyak meggunkan strategi divergensi non-verbal, sedangkan muridnya lebih banyak menggunakan strategi konvergensi baik secara verbal maupun non-verbal untuk menyesuaikan diri dalam ruang kelas multikultural.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi, Komunikasi Antarbudaya, Ruang Kelas Multikultural |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 01:59 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 08:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11192 |
Actions (login required)
View Item |