Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo

Putra, Arik Aprilla (2019) Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (909kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan internet saat ini juga ditandai oleh munculnya beragam bentuk jurnalistik baru sebagai alternatif dalam menyajikan informasi kepada khalayak. Salah satunya adalah podcast yang hadir untuk mengisi kekurangan yang dimiliki oleh radio. Hal tersebut membuat sejumlah media yang berfokus menyampaikan informasi melalui audio perlahan beralih menggunakan podcast audio. Media Inspigo merupakan salah satu media berbasis audio yang memilih podcast untuk menyampaikan informasi. Podcast dikembangkan guna menyempurnakan keterbatasan yang dimiliki oleh radio dalam memberikan informasi kepada khalayak. Setelah berjalan selama satu tahun, Inspigo mendapat tanggapan yang cukup baik dari khalayak karena pada awal 2018 pendengar Inspigo telah mendengarkan podcast dengan total 120.000 jam. Peneliti juga menemukan beberapa artikel dan jurnal serta penelitian terdahulu yang sudah membahas bagaimana pemanfaatan podcast di beberapa bidang, walaupun jumlahnya belum banyak. Dari hasil penelitian didapat bahwa produksi podcast yang dilakukan oleh Inspigo sejalan dengan yang dikatakan oleh Jay Baer yaitu Pre-Production, Production, dan Post-Production, hanya saja terdapat perbedaan dalam urutan dan penyajian. Peneliti juga menemukan bahwa satu interview yang dilakukan Inspigo terbagi menjadi beberapa bagian dengan durasi yang lebih singkat yang bertujuan agar nyaman ketika mendengarkan podcast pada Inspigo

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Radio, New Media, Podcast Audio, Produksi Podcast, Audio Storytelling
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:36
Last Modified: 02 May 2023 02:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item