Prasetya, Rifqi Arief (2018) Rancang Bangun Sistem Prediksi Potensi Ketidakdisiplinan Siswa Menggunakan Naive Bayes Classifier (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Tangerang Selatan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Ketidakdisiplinan siswa di sekolah memiliki pengaruh pada prestasi. Tingginya tingkat ketidakdisiplinan siswa berbanding terbalik dengan prestasi yang dicapai. Layanan bimbingan dan konseling pada bagian BK merupakan metode penanganan ketidakdisiplinan pada institusi pendidikan. Faktor-faktor yang melatarbelakangi ketidakdisiplinan tiap siswa dapat menjadi acuan guru BK ketika melakukan bantuan konseling. Dapat dibangun sebuah sistem pendukung keputusan berbasis website yang dapat menemukan pola pada faktor ketidakdisiplinan dan memberikan hasil potensi ketidakdisiplinan siswa. Pemanfaatan algoritma klasifikasi Naive Bayes Classifier dan data-data masa lampau memungkinkan pengukuran potensi ketidakdisiplinan siswa sebelum terjadi pelanggaran. Hasil pengukuran potensi siswa dapat digunakan guru BK untuk menentukan metode konseling yang sesuai. Sistem berhasil diimplementasikan dengan persentase tingkat kepuasan pengguna sistem informasi sebesar 84%. Algoritma Naive Bayes Classifier juga berhasil diimplementasikan dengan persentase akurasi sebesar 82,35%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | bimbingan dan konseling, ketidakdisiplinan, klasifikasi, Naive Bayes Classifier, pendidikan, sistem prediksi |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining 300 Social Sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:26 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
View Item |