Maharani Sutikno, Kezia (2018) Alat Ukur Efektivitas Penyampaian Informasi Faktual melalui Video Pendek di Media Sosial (Eksperimen Alat Ukur Karya Jurnalistik). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan digitalisasi membuat media harus terus beradaptasi, meninggalkan bentuk-bentuk lama dan mengembangkan bentuk-bentuk baru demi permintaan konsumen yang juga terus berkembang. Sebagai salah satu alternatif penyebaran berita dalam situs daring sebuah media, media memanfaatkan media sosial serta bentuk baru seperti penggunaan video pendek untuk memaksimalkan proses penyampaian pesan. Namun, tingkat efektivitas penggunaan media video pendek ini perlu diukur untuk kemudian dapat dievaluasi ataupun digunakan secara maksimal sebagai media penyampaian pesan pada konsumen informasi. Penelitian ini akan menggunakan teori Determinisme Teknologi yang menyebutkan bahwa perkembangan teknologi akan memengaruhi keputusan dan membentuk perilaku individu dalam mengonsumsi media, atas pengaruh determinasi teknologi, dan konsep Komunikasi Efektif oleh Tubbs & Moss sebagai fondasi dasar perumusan instrumen dalam penelitian ini, didukung konsep Efek Komunikasi pada model komunikasi Melvin DeFleur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan desain penelitian yang akan digunakan dalam metode ini adalah Rancangan Perbandingan Kelompok Statis (Static Group Comparison) yaitu rencana eksperimen dengan dua kelompok, tanpa penugasan acak, dan hanya satu pascauji. Berdasarkan hal-hal yang telah dilakukan, penelitian ini menghasilkan data- data yang menggambarkan bahwa instrumen alat ukur efektivitas penyampaian pesan melalui video pendek di media sosial valid, reliabel, dan dapat digunakan. Namun, instrumen alat ukur ini masih memerlukan beberapa pengembangan dan penyempurnaan untuk penggunaan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media sosial, media, efektivitas pesan, alat ukur, video pendek, eksperimen |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:02 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 00:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11290 |
Actions (login required)
View Item |