Persepsi Jurnalis Infotainment terhadap Media Sosial yang Menyebarkan Informasi mengenai Selebriti (Studi Kasus Akun Anonim di Instagram Lambe Turah)

Gustriani Sael, Maria (2018) Persepsi Jurnalis Infotainment terhadap Media Sosial yang Menyebarkan Informasi mengenai Selebriti (Studi Kasus Akun Anonim di Instagram Lambe Turah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Begitu banyak akun gosip di media sosial sehingga infotainment tak lagi menjadi sumber utama dalam mencari informasi mengenai selebriti. Salah satunya adalah akun anonim @Lambe_turah di instagram. Apalagi beberapa pekerja infotainment menggunakan @Lambe_turah sebagai berita yang ditayangkan tanpa editing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pekerja infotainment tentang akun anonim @Lambe_turah di instagram dalam menyebarkan informasi mengenai selebriti. Pada penelitian ini menggunakan konsep persepsi yang menjelaskan mengenai tahapan persepsi, yaitu stimuli, atensi, interpretasi, dan umpan balik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus stake dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Selain itu, pada penelitian ini atensi dapat dikategorikan dalam dua jenis atensi, yaitu active search dan passive search. Hasil penelitian menunjukkan jika informan memiliki stimuli dan interpretasi yang sama mengenai @Lambe_turah, tetapi memiliki reaksi yang berbeda. Hal ini tidak disebabkan oleh atensi, melainkan latar belakang pekerjaan dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap informan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: persepsi, jurnalis, infotainment, Lambe Turah
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:17
Last Modified: 26 Apr 2023 05:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item