Djohar, Dio (2018) Strategi Audience Engagement melalui Media Sosial Instagram pada Media Televisi (Studi Kasus pada Instagram Kompas TV). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Salah satu media konvensional yang masih sangat eksis hingga saat ini adalah televisi. Saat ini era digital pun sudah masuk dalam lingkup media konvensional seperti hadirnya internet. Penggunaan smartphone dan internet pun mengubah pola masyarakat dalam mengonsumsi informasi seperti melalui media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh 45 juta orang di Indonesia yang dimaksimalkan oleh perusahaan, pebisnis, dan content creator. Adanya pemanfaatan Instagram dalam aktivitas jurnalisme, membuat media televisi harus dapat menarik audiens dengan menggunakan format yang telah di sediakan oleh instagram tersebut dalam menyampaikan berita seperti penggunaan audio, teks dan visual. Kompas Tv merupakan salah satu media televisi berita yang dapat menarik audiensnya melalui Instagram dengan konsisten mengunggah konten video dan hingga kini telah berhasil mendapatkan 491 ribu followers . Untuk menggambarkan cara akun Instagram Kompas Tv menarik audience, penulis menggunakan Strategi Audience Engagement, Evans dan Mckee, dengan tahap penyajian dan pengelolaan (Consumption), Penyuntingan (Curation), sharing (Content Creation), dan Interaksi (Collaboration). Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik, jenis penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif untuk mendapatkan gambaran dengan fakta yang akurat mengenai realitas yang terjadi, metodelogi yang digunakan merupakan Studi Kasus Robert K. Yin yang memiliki manfaat teoritis sebagai panduan untuk pengumpulan data. Penelitian ini juga lebih terfokus untuk menggambarkan cara akun Instagram Kompas Tv menarik audience dan mengkaitkannya dengan strategi audience engagement.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media Televisi, Media sosial, Instagram, Strategi Audience Engagement. Kompas Tv |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:14 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 06:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11316 |
Actions (login required)
View Item |