Implementasi social network sebagai alat optimalisasi social customer relationship management (studi kasus PT. Blueray Technology - Solvo.co.id periode Juni-Desember 2013)

Laudus, Timotius (2014) Implementasi social network sebagai alat optimalisasi social customer relationship management (studi kasus PT. Blueray Technology - Solvo.co.id periode Juni-Desember 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi seperti adanya social media kini banyak dimanfaatkan sebagai alat promosi, komunikasi ataupun pembangun hubungan. Hal ini mendorong Solvo sebagai perusahaan online yang berkembang untuk memaksimalkan kinerja Customer Relationship Management-nya. Solvo ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang pada akhirnya para pelanggan tidak sekedar puas tetapi dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pemanfaatan media online dalam proses CRM. Dasar teori yang digunakan peneliti adalah Social CRM dan didukung oleh Customer Relations, Customer Relationship Management, Konsep Social Media, serta teori Social Presence. Penelitian ini bersifat Kualitatif - Deskriptif, dengan paradigma penelitian post-postivisme. Metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Fokus penelitian ada pada Social CRM yang dilaksanakan Solvo sebagai alat optimalisasi CRM secara keseluruhan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa Solvo sebenarnya sudah dapat menjalankan konsep social CRM maupun traditional CRM yang sesuai dengan konsep yang dijelaskan oleh Paul Greenberg, walaupun memang masih ada beberapa hal yang dapat dikembangkan, seperti bagaimana respons terhadap kritik yang seharusnya dilakukan, serta melihat kesempatan untuk memanfaatkan testimonial pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 023 Personnel Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:27
Last Modified: 12 Apr 2023 05:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item