Laudus, Timotius (2014) Implementasi social network sebagai alat optimalisasi social customer relationship management (studi kasus PT. Blueray Technology - Solvo.co.id periode Juni-Desember 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi seperti adanya social media kini banyak dimanfaatkan sebagai alat promosi, komunikasi ataupun pembangun hubungan. Hal ini mendorong Solvo sebagai perusahaan online yang berkembang untuk memaksimalkan kinerja Customer Relationship Management-nya. Solvo ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang pada akhirnya para pelanggan tidak sekedar puas tetapi dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pemanfaatan media online dalam proses CRM. Dasar teori yang digunakan peneliti adalah Social CRM dan didukung oleh Customer Relations, Customer Relationship Management, Konsep Social Media, serta teori Social Presence. Penelitian ini bersifat Kualitatif - Deskriptif, dengan paradigma penelitian post-postivisme. Metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Fokus penelitian ada pada Social CRM yang dilaksanakan Solvo sebagai alat optimalisasi CRM secara keseluruhan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa Solvo sebenarnya sudah dapat menjalankan konsep social CRM maupun traditional CRM yang sesuai dengan konsep yang dijelaskan oleh Paul Greenberg, walaupun memang masih ada beberapa hal yang dapat dikembangkan, seperti bagaimana respons terhadap kritik yang seharusnya dilakukan, serta melihat kesempatan untuk memanfaatkan testimonial pelanggan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.) 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 023 Personnel Management |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 07:27 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 05:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1133 |
Actions (login required)
View Item |