Octora, Stefanie (2014) Srategi kampanye public relations femina group dlam membangun kesadaran publik internasional (studi kasus Jakarta fashion week 2014 "bringing Indonesia to the world"). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi kampanye public relations “Bringing Indonesia to the World” Jakarta Fashion Week 2014 dalam membangun kesadaran publik internasional (public awareness). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena industri kreatif yang sedang berkembang di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu sektor industri kreatif adalah industri mode yang terus menunjukkan perkembangan secara kuantitas dan kualitas. Industri mode Indonesia menunjukkan peningkatan jumlah kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto Nasional dan ekspor, serta perkembangan dari sisi inovasi dan kreativitas desain. Berdasarkan hal tersebut, industri mode Indonesia berpotensi untuk bersaing di kancah internasional. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun eksistensi industri mode Indonesia di kancah internasional adalah dengan melakukan kampanye public relations. Penulis melakukan analisis terhadap strategi kampanye public relations Femina Group “Bringing Indonesia to the World” dalam Jakarta Fashion Week 2014 dengan menggunakan model perencanaan strategis kampanye public relations Anne Gregory yang terdiri dari 12 tahap, yaitu analysis, aim(s), objectives, stakeholders/publics, content, strategy, tactics, timescales, resources, monitoring, evaluation, dan review. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data terbagi menjadi dua, yaitu pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam dan observasi, serta pengumpulan data sekunder melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye public relations Femina Group “Bringing Indonesia to the Wolrd” dalam Jakarta Fashion Week 2014 sesuai dengan model 12 tahap perencanaan strategis kampanye public relations Anne Gregory. Femina Group menyelenggarakan program-program yang diselenggarakan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan stakeholders, sehingga mampu membangun kesadaran publik (public awareness) internasional. Berdasarkan tahap pembentukan brand awareness, kampanye ini berada pada tahap brand recognition dan brand recall. Hal tersebut terlihat dari antusias publik terhadap Jakarta Fashion Week 2014, banyaknya jumlah partisipasi pengunjung, desainer, model, sponsor, dan liputan media. Meskipun demikian masih ada dua hal yang harus diperbaiki di masa mendatang, yaitu Femina Group perlu melakukan tahap riset dan evaluasi yang lebih komprehensif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 07:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
View Item |