Pemaknaan simbolik pada kalangan anggota komunitas fans JKT48 (studi fenomenologi pada komunitas fans JKT48)

Gusti, Rendy (2014) Pemaknaan simbolik pada kalangan anggota komunitas fans JKT48 (studi fenomenologi pada komunitas fans JKT48). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB)

Abstract

Perilaku manusia dipahami melalui proses interaksi yang terjadi. Struktur social dan makna-makna dicipta dan dipelihara melalui interak sisosial. Perilaku simbolik yang menghasilkan saling berbagi makna dan nilai-nilai di antara partisipan dalam tingkat yang beragam. Interaksi simbolik memiliki prinsip bahwa individu membentuk makna melalui proses komunikasi karena makna tidak bersifat intrinsic terhadap apapun. Manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka Tujuan dari skripsi ini adalah ingin melihat interaksi para fans JKT48 yang membuat sebuah kelompok dan memunculkan makna-makna yang terbangun dan diinteraksikan dalam kelompok mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi Edmund Husserl. Peneliti menggunakan observasi dan wawancara mendalam untuk mendapatkan data yang diinginkan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pemaknaan yang terjadi ketika fans berinteraksi. Mereka menganggap Oshi (member kesukaan) seperti halnya barang yang bias mereka miliki. Dalam berinteraksi mereka memiliki cirri khas yaitu sharing info tentang Oshi (member kesukaan) dan segala hal yang berbau tentang Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:15
Last Modified: 27 Jan 2023 03:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item