Rancang bangun aplikasi puzzle game "match shape" berbasis leap motion controller

Otto, Albert Van (2016) Rancang bangun aplikasi puzzle game "match shape" berbasis leap motion controller. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (871kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Video game adalah salah satu aktivitas waktu luang yang populer. Riset mencantumkan video game dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan atau meningkatkan kemampuan kinerja otak. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa memainkan salah satu jenis video game berupa puzzle dapat meningkatkan kinerja otak secara signifikan, namun pengujian dilakukan dengan menggunakan video game berbasis touch screen yang didesain dalam platform smartphone sehingga sugesti mengenai alternative mechanism lainnya dapat memberikan input penelitian selanjutnya. Oleh karena itu, digunakan Leap Motion Controller sebuah alat yang berfungsi sebagai gesture recognition dalam antarmuka natural yang dapat menerima input 3D dibandingkan interaksi touch screen yang hanya menerima input 2D. Aplikasi telah berhasil dibangun dengan baik dan diuji kepada 40 responden untuk mengetahui tingkat kepuasan responden terhadap aplikasi yang telah dibuat. Para responden berumur 20-50 tahun dengan ketertarikan untuk memainkan puzzle game. Hasil analisis data mengatakan bahwa para responden puas dengan aplikasi yang telah dibuat dengan hasil kepuasan mencapai 75,76%. Kata kunci: Game, Gesture recognition, Leap Motion Controller, Puzzle, Unity

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 790 Recreational and Performing Arts
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 794 Indoor Games of Skill
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:24
Last Modified: 19 Jan 2022 05:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item