Pungkasari, Endang (2019) Implementasi Virtual Asisten "Tasia" sebagai Strategi ELectronic Customer Relationship Management Auto2000. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Tingkat pembelian yang tinggi terhadap kendaraan bermotor di Indonesia menjadikan bisnis di bidang dealer atau penjualan kendaraan otomotif tumbuh berkembang secara subur. Banyaknya pelaku bisnis yang menekuni bidang ini tentu membuat pelaku bisnis dealer otomotif berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk mempertahankan para customer. Sebagai salah satu dealer otomotif yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia, Auto2000 berupaya memberikan pelayanan terbaik melalui virtual asisten berbasis kecerdasan buatan yang dijuluki "Tasia" bagi para customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan "Tasia" sebagai strategi E-CRM yang dilakukan oleh Auto2000. Penelitian ini mengacu pada model value chain dari Buttle yang diterapkan untuk memberikan pelayanan kepada customer. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus Robert K. Yin. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap narasumber yang dianggap relevan dengan penelitian ini, data juga dianalisis menggunakan teknik reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan Auto2000 dengan menggunakan "Tasia" membangun dan menambah kedekatan perusahaan dengan customer (customer intimacy) karena komunikasi dua arah berjalan dengan mudah dan cepat. Namun untuk proses pembuatan dari sistem chatbot Tasia, Auto2000 masih harus bekerjasama dengan tim IT eksternal yang sudah menguasai sistem tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | CRM, E-CRM, Chatbot, Auto2000, Otomotif |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 08:23 |
Last Modified: | 02 May 2023 02:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11644 |
Actions (login required)
View Item |