Perbedaan Motif Penggunaan Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Jabodetabek

Khoirunnisa Permana, Monica (2019) Perbedaan Motif Penggunaan Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat, muncul lah internet yang membawakan sebuah fungsi baru yang menyatukan teknologi dengan media massa. Media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram, menjadi aplikasi pilihan masyarakat Indonesia yang sering diakses. Instagram menjadi salah satu media sosial berbasis aplikasi yang ramai diminati, dengan lebih dari 700 juta pengguna di tahun 2017 di seluruh dunia. Fenomena ini ternyata memicu khalayak baru untuk muncul dan bergabung dengan Instagram. Rentang usia yang dipilih untuk penelitian ini adalah usia 15 hingga 24 tahun yang mewakili generasi Z dan usia 25 hingga 39 tahun yang mewakili generasi Z. Kedua generasi tersebut dipilih karena mayoritas keduanya sangat familiar dengan internet dan media sosial. Maksud penelitian ini adalah mencari tahu apakah ada perbedaan motif menggunakan Instagram pada kedua generasi di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dan menggunakan rumusan teori kebutuhan media oleh Katz, Gurevtich, dan Haas (1973). Hasil penelitian ini adalah, tiap generasi memiliki kecenderungan motif masing-masing. Generasi Y lebih menggunakan Instagram dengan motif integrasi personal, sedangkan generasi Z lebih menggunakan Instagram dengan motif kognitif. Hasil uji beda pun mengatakan ada perbedaan secara signifikan diantara dua generasi, dengan nilai signifikansi yang sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Motif Penggunaan Media, Instagram, Media Sosial, Media Baru. Teori Uses and Gratifications.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Dec 2019 03:24
Last Modified: 12 Apr 2023 06:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item