Pengaruh Tingkat Konsumsi Berita Politik Daring dan Tingkat Political Efficacy terhadap Tingkat Partisipasi Politik Generasi Milenial Kota Tangerang Pasca-Pemilu Serentak 2019

Nur Utami Farmansyah, Alifia (2019) Pengaruh Tingkat Konsumsi Berita Politik Daring dan Tingkat Political Efficacy terhadap Tingkat Partisipasi Politik Generasi Milenial Kota Tangerang Pasca-Pemilu Serentak 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (779kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Hubungan konsumsi berita dan perilaku politik merupakan topik yang banyak dikaji hingga saat ini. Adanya internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi turut memengaruhi bentuk media massa dan cara masyarakat berpolitik. Meski begitu, generasi muda, khususnya generasi milenial yang dekat dengan teknologi memiliki tingkat partisipasi politik yang rendah di berbagai penelitian. Skripsi ini ingin mengkaji tingkat konsumsi berita politik, tingkat political efficacy, dan tingkat partisipasi politik, khususnya yang menggunakan media internet, dari Gen Y. Teori yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah uses and gratifications dengan target populasi penduduk Kota Tangerang kelahiran tahun 1985-1996. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan sampel didapat menggunakan teknik sampel daerah atau cluster sampling. Data diperoleh setelah Pemilu Serentak 2019 lewat kuesioner yang dijawab oleh 407 responden. Hasil yang didapat adalah terdapat pengaruh tingkat konsumsi berita politik daring dan tingkat political efficacy terhadap tingkat partisipasi politik, walaupun tergolong kecil. Generasi milenial juga sedikit lebih aktif berpartisipasi politik secara daring (online) dibandingkan bentuk partisipasi yang lebih konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2020 08:42
Last Modified: 28 Apr 2023 06:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item