Pembingkaian Golput dalam Pemberitaan Online Menjelang Pilpres 2019: Analisis Isi Kuantitatif Terhadap Kompas.com dan Kumparan

El-Nuha, Nadya Zul (2019) Pembingkaian Golput dalam Pemberitaan Online Menjelang Pilpres 2019: Analisis Isi Kuantitatif Terhadap Kompas.com dan Kumparan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perbincangan mengenai golongan putih atau golput mulai mencuat menuju pilpres 2019. Menurut Laboratorium Big Data Analytics Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, perbincangan golput di media sosial menjadi masif dengan mengalami kenaikan hingga 500 percakapan dibandingkan per harinya hanya 50 percakapan. Isu golput, baik di media online maupun cetak seringkali dibingkai dengan negatif. Padahal, media memainkan peranan penting dalam membuat khalayak menjadi pemilih yang well informed. Pemilih membutuhkan media untuk mendapatkan informasi yang utuh mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemilu. Keberagaman isu dalam produk jurnalistik dianggap penting karena menghindari kejemuan isu bagi khalayak. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana isu golput menjelang pilpres 2019 dibingkai. Menggunakan analisis isi kuantitatif penelitian dilakukan pada 53 berita di Kompas.com dan Kumparan periode Maret 2019. Hasil penelitian menunjukkan Kompas.com dan Kumparan membingkai isu golput dengan setara. Proses pembentukan pembingkaian dilihat dari proporsi pemberitaan, pernyataan dan nasal narasumber yang digunakan dalam pemberitaan, didapatkan hasil perhitungan dominasi skor yang netral. Meski begitu, dari variabel pelabelan yang digunakan Kompas.com dan Kumparan pada isu golput, mayoritas label masih menggunakan pelabelan negatif, dengan frekuensi paling tinggi yakni pelabelan dengan kata sifat moral haram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jul 2020 06:25
Last Modified: 17 Apr 2023 06:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item