perancangan dan penerapan efek getaran bunyi frekuensi rendah untuk meningkatkan perasaan tegang dalam film wasangka

Stevanus, Jhouan (2018) perancangan dan penerapan efek getaran bunyi frekuensi rendah untuk meningkatkan perasaan tegang dalam film wasangka. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
LAPORAN TA_Jhouan Stevanus_13120210221_DKV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Suara dan bunyi menjadi suatu media untuk berkomunikasi dan menjalani kehidupan sehari – hari. Suara dan bunyi adalah hasil dari gangguan mekanikal yang menciptakan gelombang dari sebuah medium baik itu udara, cair, padat, atau gas. Fenomena terciptanya gelombang dari gangguan mekanikal dalam sebuah medium disebut dengan sinusodal excitation. Gelombang yang diciptakan dari fenomena tersebut dinamakan gelombang sinus. Gelombang sinus memiliki beberapa parameter yang dapat diukur yaitu posisi awal (phase), amplitudo, dan frekuensi Penilitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana efek getaran bunyi frekuensi 20Hz-50Hz mampu menciptakan ketidaknyamanan pada tubuh manusia. Jika manusia dipaparkan oleh bunyi dengan frekuensi yang spesifik selama beberapa waktu, maka secara fisik tubuh manusia akan merasakan getaran bunyi dan mempengaruhi tubuh. Ketidaknyamanan yang dirasakan penonton digunakan penulis untuk meningkatkan perasaan tegang penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan dan penerapan efek getaran bunyi untuk meningkatkan perasaan tegang pada film pendek Wasangka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:26
Last Modified: 27 May 2023 06:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item