Model Bisnis Beritagar.id sebagai Media Kurator

Desi Shara Simarmata, Mellyana (2019) Model Bisnis Beritagar.id sebagai Media Kurator. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai "Model Bisnis Beritagar.id sebagai Media Kurator". Beritagar.id hadir di era digital dan memilih untuk menjadi media kurasi. Kurasi yang dilakukan oleh Beritagar.id membantu memangkas biaya operasional dalam melakukan peliputan. Pemangkasan peliputan terjadi karena Beritagar.id mengumpulkan berita-berita dari berbagai media dan mengemasnya kembali menjadi satu berita baru. Model bisnis adalah suatu perencanaan bisnis yang menentukan apakah perusahaan tersebut akan bertahan atau tidak. Penelitian ini ingin melihat bagaimana media kurator menjalankan aktivitasnya terkait dengan model bisnisnya dan ingin melihat bagaimana konsep model bisnis Beritagar.id dilihat dari konsep model bisnis Joan Van Tassel dan Lisa Poe Howfield. Kemudian untuk menganalisa model bisnis yang digunakan Beritagar.id peneliti menggunakan empat model bisnis oleh Joan Van Tassel dan Lisa Poe Howfield. Empat model bisnis tersebut yaitu Content model,Marketing model, Distribution model, dan Revenue model. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus Robert K. Yin dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui model bisnis yang digunakan oleh Beritagar.id. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti konsep model bisnis Joan Van Tassel & Lisa Poe-Howfield memiliki kesamaan konsep model bisnis dengan Beritagar.id terutama pada revenue Models. Beritagar.id menggunakan model agregasi audiens sebagai konten model, cross media platform sebagai model distribusinya, spiral model sebagai bentuk model marketingnya dan multiple revenue stream sebagai model pendapatannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Model bisnis, Media Kurasi, Beritagar.id, Media online
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:31
Last Modified: 17 Apr 2023 04:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item