Leonardi, Ferdinand (2019) Perancangan Tata Kamera untuk Memvisualisasikan Emosi Karakter dalam Film Double Slices of Red Velvet. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Menurut Cherry (2019), kata emosi berasal dari bahasa latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Artinya adalah kecenderungan bertindak merupakan hal mutlak dalam emosi. Goleman yang dikutip oleh Heryanto (2009) menambahkan bahwa emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas. Memberikan dorongan kepada individu untuk memberikan respon atau bertingkah laku terhadap stimulus yang ada. Oleh karena itu emosi manusia sangat beragam. Penulis sebagai director of photography ingin menunjukkan cara memvisualisasikan emosi karakter melalui perancangan tata kamera yang terdiri dari camera movement didukung dengan teknik komposisi dan lensa. Penulis tertarik untuk membahas hal tersebut karena film akan menjadi lebih dinamis dan penonton bisa merasakan emosi karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode tersebut sangat cocok karena bisa mendeskripsikan peran penulis saat proses pra-produksi seperti membuat shotlist dan floorplan hingga proses produksi untuk merealisasikan konsep penulis. Penulis menemukan sesuatu yang bermanfaat dan juga kendala yang harus dihadapi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Emosi, camera movement, komposisi, lensa |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 01:52 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 00:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11832 |
Actions (login required)
View Item |