Julian, Vevi (2018) perancangan ulang visual branding gerakan pencerah nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
bab i.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (812kB) |
|
Text
bab ii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
|
Text
bab iii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (14MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (807kB) |
|
Text
bab v.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (811kB) |
|
Text
halaman awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Ketimpangan regional secara sosial dan ekonomi dalam sistem kesehatan Indonesia, menyebabkan rendahnya jaminan kesehatan bagi kaum marjinal. Hal ini mengarahkan pada rendahnya standar pelayanan kesehatan, yang meliputi kurangnya kapasitas dan kompetensi tenaga medis di daerah-daerah tertinggal lainnya. Pencerah Nusantara hadir sebagai gerakan sosial kepemudaan, bertujuan untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer di daerah bermasalah kesehatan dengan harapan meningkatkan kesetaraan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun dalam pelaksanaannya, Pencerah Nusantara mengalami kesulitan menampung calon tenaga medis baru dan mengkomunikasikan programnya secara visual. Ketiadaan pedoman dan arahan dalam merancang media komunikasi dan promosinya menyulitkan Pencerah Nusantara untuk tampil konsisten dan kredibel sebagai gerakan yang diperuntukkan bagi profesional muda. Berdasarkan permasalahan dan kebutuhan meningkatkan brand awareness dan recognition Pencerah Nusantara terhadap target audiens, penulis menghadirkan solusi melalui perancangan ulang visual branding. Perancangan diawali dengan pengumpulan data melalui metode kualitatif (wawancara, observasi, dokumen), yang kemudian diolah lewat proses mind mapping dan brainstorming, sehingga menghasilkan creative brief sebagai konsep kreatif perancangan. Lewat perancangan ulang identitas visual, komunikasi brand, dan pedoman identitas baru Pencerah Nusantara, diharapkan semakin banyak pihak yang turut peduli dan berpartisipasi dalam perbaikan kesehatan masyarakat Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 701 Philosophy and theory of fine and decorative arts 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 02:17 |
Last Modified: | 23 May 2022 02:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11991 |
Actions (login required)
View Item |