perancangan kampanye sosial untuk mengurangi jumlah konsumsi sup sirip hiu

Morla, Victory (2018) perancangan kampanye sosial untuk mengurangi jumlah konsumsi sup sirip hiu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28MB)
[img] Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (816kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (100MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sup sirip hiu merupakan makanan dari khas dari Cina yang keberadaannya cukup kontroversial. Adanya mitos mengenai manfaat kesehatan dan psikologis ini merupakan salah satu sebab tingginya angka permintaan sup sirip hiu sebagai salah satu hidangan favorit perayaan Tahun Baru Cina. Semakin tinggi permintaannya, semakin tinggi pula tingkat perburuan hiu terutama bagian sirip atau yang dikenal dengan sebutan sharkfinning dimana sebenarnya praktik ini sudah mendapat kecaman dari pihak internasional. Hal tersebut menyebabkan populasi hiu menurun bahkan beberapa jenis hiu statusnya sudah rawan hingga terancam punah. Atas dasar hal tersebut, peracangan kampanye sosial ini dibuat dengan tujuan untuk memberi tahu masyarakat khususnya bagi masyarakat pernakan Tionghoa mengenai fakta-fakta sebenarnya yang terjadi dibalik sajian sup sirip hiu yang kemudian diharapkan mengurangi angka pengonsumsiannya. Pengumpulan data yang dilakukan dalam perancangan kampanye sosial ini menggunakan metode mix method. Big Idea dari perancangan ini adalah ‘wrecking tools’ dan media yang digunakan berupa poster, website, web banner, iklan media sosial, x-banner, table tent, dan merchandise pendukung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy > 333.7 Natural Resources and Energy, Environment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:33
Last Modified: 05 May 2023 00:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item