Jurnalisme Damai Dalam Pemberitaan Bencana Alam

Samantha, Gloria (2012) Jurnalisme Damai Dalam Pemberitaan Bencana Alam. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Gloria Samantha.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini penulis melakukan sebuah penelitian mengenai unsur atau muatan jurnalisme damai di dalam pemberitaan bencana alam. Penulis ingin mengetahui keberadaan muatan ini, lalu mendeskripsikannya, dari analisis isi tayangan NHK TV Jepang seputar gempa dan tsunami yang melanda timur laut Jepang, bulan Maret 2011 lalu. Penelitian menggunakan teori normatif media massa sebagai teori utama, didukung teori tentang performa media serta pijakan konsep jurnalisme damai dalam peliputan tragedi. Metodologi yang diterapkan adalah metode analisis isi dengan sampel purposif dari tayangan NHK TV pada periode 11-15 Maret 2011. Penulis melakukan analisis isi terhadap sampel tersebut dengan indikatorindikator yang disusun berdasarkan konsep jurnalisme damai untuk pewartaan bencana. Indikator tersebut diberikan definisi operasional konsepnya, kemudian dipakai untuk mengukur data yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan jurnalisme damai relevan dan bisa dipakai dalam sebuah pemberitaan bencana alam dan NHK TV cenderung menggunakan jurnalisme damai dalam tayangan pemberitaan bencana.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:57
Last Modified: 19 May 2022 08:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item