Razad, Haryo Nindito (2012) Strategi Komunikasi dan Implementasi Special Event Summarecon Mal Serpong (Studi Kasus Opening Summarecon Mal Serpong 2). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Summarecon Mal Serpong ingin memenuhi tuntuntan gaya hidup warga Tangerang dan sekaligus mengenalkan keberadaan Summarecon Mal Serpong tahap kedua melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk khalayak. Hal yang menarik untuk dikaji bagaimana strategi dan implementasi public relations yang dilakukan Summarecon Mal Serpong pada saat opening SMS tahap kedua. Penelitian ini menggunakan konsep tentang tahap-tahap perencanaan program public relations yang dikemukakan oleh Ronald Smith, terutama mengenai strategi dan implementasi. Strategi komunikasi meliputi proactive strategy dan reactive strategy. Dalam strategi proaktif mencakup action strategies dan communication strategies. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui dua cara, yakni indepth interview dan dokumen – dokumen yang terkait dengan penelitian. Key Informan penelitian ini adalah Assistant PR Manager dan PR Executive Summarecon Mal Serpong. Data - data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan kerangka konsep. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang digunakan SMS yaitu Action Strategies dengan menggunakan Audience Participants, pihak SMS melibatkan masyarakat melalui kegiatan komunikasinya dan rangkaian kegiatan Special Events seperti Australia’s Strange Fruit, Fashion Blast, Oktoberfest, dan Festival Kuliner Serpong. Sedangkan dalam Communication Strategies nya menggunakan Publicity dan Newsworthy Information yaitu melibatkan sejumlah media dan menciptakan nilai berita untuk publisitas perusahaan. Taktik komunikasi yang dijalankan berupa Interpersonal Communication yaitu kegiatan yang direncanakan oleh perusahaan untuk berinteraksi dengan publik melalui Special Event. Dalam kegiatan publikasinya menggunakan Audiovisual Media yang mencakup Facebook dan Twitter. News Media sebagai ‘kendaraan komunikasi’ untuk mengkomunikasikan nilai berita dan pesan kepada khalayak ramai yang lebih luas melalui koran dan Advertising and Promotional Media yaitu dengan beriklan di media cetak dan billboard.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 08:21 |
Last Modified: | 02 May 2023 07:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12039 |
Actions (login required)
View Item |