Hubungan Motivasi Penggunaan Media Terhadap Kepuasan Penonton Program Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV (Analisis Pada Komunitas Stand Up Bintaro-Tangerang Selatan)

Searamita, Letysia (2012) Hubungan Motivasi Penggunaan Media Terhadap Kepuasan Penonton Program Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV (Analisis Pada Komunitas Stand Up Bintaro-Tangerang Selatan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Letysia Searamita.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh teori kebutuhan Abraham Maslow mencakup pula kebutuhan biologis manusia akan komunikasi. Televisi sebagai salah satu media komunikasi massa diyakini mampu menjadi salah satu alat pemenuhan kebutuhan tersebut. Programer stasiun televisi berusaha menyinergikan kebutuhan tersebut dengan produksi tayangan yang siap khalayak konsumsi. Dominasi program hiburan, khususnya komedi semakin marak bermunculan di beberapa televisi nasional sejak awal tahun 2000. Setahun yang lalu, Stand Up Comedy masuk ke Indonesia. Ditahun 2011 Kompas TV sebagai content provider mengolaborasikan “Smart Comedy” ini dengan format ajang pencarian bakat. Keaktifan khalayak media dalam menggunakan dan memilih program televisi dalam usaha pemenuhan kebutuhan telah terangkum dalam teori Uses and Gratification. Dalam teori ini terdapat ekspektasi yang memunculkan motivasi dan kepuasan yang khalayak cari dan berusaha dapatkan dengan menggunakan media. Televisi melalui program-programnya dapat menjadikan sesuatu sebagai budaya populer. Salah satunya adalah menjadikan komedi tunggal seperti Stand Up Comedy sebagai konsumsi publik. Menggunakan metodologi kuantitatif, sifat penelitian ini adalah eksplanatifasosiatif yaitu mengetahui kekuatan hubungan antar variabel motivasi dan kepuasan. Berdasarkan tipologi McQuail dan kepuasan setelah khalayak diterpa oleh media televisi, penelitian ini mengkhususkan pada komunitas Stand Up Bintaro-Tangerang Selatan yang menyaksikan program Stand Up Comedy Indonesia. Adapun tanggapan responden dianalisis menggunakan uji Korelasi Product Moment Pearson dalam skala Likert dalam program SPSS 19.00. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa hubungan antara variabel motivasi dan kepuasan dari terpaan program Stand Up Comedy Indonesia adalah cukup tinggi atau kuat. Dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan nilai 0.714 pada tabel korelasi antar kedua variabel. Maka disimpulkan kedua variabel memiliki hubungan yang positif dan saling memengaruhi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jan 2020 01:41
Last Modified: 12 Apr 2023 07:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item View Item