Ramadhina, Mindy (2012) konstruksi citra kaum pria dalam majalah cosmopolitan (analisis framing artikel dalam rubrik man manual). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
bab v.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (810kB) | Preview |
|
Text
halaman awal.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (943kB) |
||
|
Text
bab ii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
bab iii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (865kB) | Preview |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
bab i.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (832kB) | Preview |
Abstract
Majalah merupakan media massa yang bersifat untuk menyebarkan informasi kepada publik. Penyebaran informasi dilakukan secara massal dan dapat diakses secara massal pula. Dalam setiap media massa terdapat konstruksi realitas yang berbeda-beda, tergantung ideologi media massa tersebut. Salah satu hal yang dapat dikonstruksikan adalah mengenai citra atau image. Seperti yang dilakukan oleh majalah Cosmopolitan terhadap citra kaum pria yang terdapat dalam artikelartikelnya. Peneliti menganalisa mengenai konstruksi citra kaum pria dalam artikel majalah Cosmopolitan dengan menggunakan metode analisis framing Robert Entman. Penelitian ini bersifat deskriptif, sedangkan teknik analisisnya berupa analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majalah Cosmopolitan menempatkan kaum pria sebagai topik yang menarik untuk dibahas dalam artikelartikelnya. Selain itu, Cosmopolitan menggambarkan kaum pria sebagai sosok yang maskulin dan dominan, serta memiliki pengaruh terhadap hubungannya dengan kaum wanita. Dari penelitian ini juga terlihat seperti apakah majalah Cosmopolitan mengonstruksikan gambaran umum pria. Semua topik mengenai kaum pria dianggap sebagai salah satu “nilai jual” yang dapat menarik minat pembacanya yang merupakan kaum wanita.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 01:59 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12045 |
Actions (login required)
View Item |