representasi bias gender dalam iklan extra joss edisi “laki nggak minum rasa”

Mediana, Sheridan Olenka (2012) representasi bias gender dalam iklan extra joss edisi “laki nggak minum rasa”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (938kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (913kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi kesetaraan gender yang terdapat pada iklan Extra Joss edisi “Laki Nggak Minum Rasa” yang tayang di televisi-televisi swasta di Indonesia pada tahun 2011. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menambah referensi mengenai perkembangan iklan televisi di Indonesia sebagai sarana komunikasi di kehidupan masyarakat dan juga diharapkan dengan adanya penelitian ini, masyarakat dapat menyadari akan arti kesetaraan gender dan kemudian menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis. Untuk pisau analisisnya, penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini berfokus pada dua hal yang diteliti yaitu tanda verbal dan tanda nonverbal yang tedapat dalam iklan ini. Lebih lanjut, hasil analisis memperlihatkan bahwa iklan Extra Joss edisi “Laki Nggak Minum Rasa” merepresentasikan bias gender yang terlihat dari penggambaran sosok laki-laki yang lemah, lelah, lamban, dan tidak jantan dengan cara menggunakan suara perempuan yang dikeluarkan oleh laki-laki untuk menunjukkan bahwa laki-laki tersebut sedang kelelahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
400 Language > 410 Linguistics > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:15
Last Modified: 12 Apr 2023 06:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item