rancang bangun alat pembayaranmenggunakan kartu radio frequency identification dengan modul komunikasi zigbee

Koswanto, Harry Indra (2011) rancang bangun alat pembayaranmenggunakan kartu radio frequency identification dengan modul komunikasi zigbee. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi 07110210005 Alat Pembayaran RFID ZigBee.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pembayaran elektronik diminati karena lebih mudah dan praktis dibandingkan pembayaran dengan uang kartal. Salah satu jenis pembayaran elektronik adalah kartu pembayaran berbasis RFID. Sistem pembayaran dengan basis RFID sudah diterapkan di Indonesia, tetapi sistem itu tidak dilengkapi dengan adanya catatan transaksi yang menyebabkan transaksi tidak dapat dicek. Selain itu, dari pihak pembuat sistem, pengecekan status alat dilakukan secara manual, sehingga malfungsi alat tidak dapat dimonitor secara real time. Penelitian ini berfokus untuk merancang alat pembayaran berbasis RFID yang dilengkapi dengan pencatatan transaksi dan sistem monitor. Alat dibuat dengan C8501F340 sebagai mikrokontroler, SL030 sebagai RFID reader, DS3234 sebagai penunjuk waktu, AT45DB161D sebagai penyimpan catatan transaksi, ZigBee sebagai modul komunikasi, LM320240C sebagai penampil antarmuka pengguna, dan TCB7843 dengan layar sentuh sebagai masukan. Hasil perancangan alat dalam bentuk prototip menunjukan alat pembayaran dapat melakukan metode pembayaran dan memonitor status alat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:31
Last Modified: 03 May 2023 06:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12061

Actions (login required)

View Item View Item