Steven, Steven (2017) Peran 3d Animator Dalam PT Base (Bali Animasi Solusi Ekakarsa). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
Halaman Awal.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (719kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Industri kreatif, khususnya animasi, kini tengah berkembang di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah studio animasi yang tengah hadir dan pendidikan animasi yang kian marak. Sebagai salah satu mahasiswa desain peminatan animasi, tentunya perlu mengetahui dan terlibat langsung di dalam proses pembuatan animasi. Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman tersebut adalah melalui program praktik kerja magang. Ketertarikan akan posisi animator kemudian menghantarkan penulis ke PT. BASE, sebuah perusahaan 3D animasi yang tengah berinovasi dan berkreasi di Denpasar, Bali. Perusahaan ini mengerjakan berbagai proyek animasi yang berbeda dan menggunakan teknologi motion capture, khusus untuk divisi NEWS. Pada divisi ini, seorang animator tidak hanya melakukan animasi, melainkan juga mengerjakan lighting, rendering, compositing, dan video editing. Melalui praktik kerja magang, penulis mempelajari pipeline animasi dan terjun langsung bekerja bersama para profesional. Selain skill, kemampuan komunikasi dan kerja sama tim juga sangat penting. Hal tersebut juga menyangkut soal etika dan tuntutan seorang pekerja profesional, dimana pekerjaan harus diselesaikan sesuai jadwal dengan standar yang ditetapkan oleh klien dan perusahaan. Banyak ilmu yang dapat diserap selama praktik kerja magang dan tentunya akan menjadi bekal untuk bersaing di dunia industri nantinya.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | industri 3D, animator, PT BASE, praktik kerja magang |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 02:20 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12538 |
Actions (login required)
View Item |