komik di media sosial dalam narasi entrepreneurship dan ekonomi kreatif di indonesia

Hutapea, Gideon Kamang Frederick (2019) komik di media sosial dalam narasi entrepreneurship dan ekonomi kreatif di indonesia. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12 (2). ISSN 1979-0716

[img] Text
1443-Article Text-4255-1-10-20200115.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Jurnal untuk Gideon.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (557kB)

Abstract

Perkembangan industri komik di Indonesia yang telah bergeser ke platform media sosial telah membawa industri komik menjadi lebih independen, menjangkau pembaca baru serta melebarkan peran serta potensinya pada ekonomi kreatif. Peruba- han ini juga memberikan peran serta pemberdayaan baru para creator komik sebagai entrepreneur, digital marketer, bahkan sebagai opinion leader. Perubahan ini berusaha direkam dan dikaji sejauh apa perannya terhadap peningkatan entrepreneurship dan potensi di masa depannya pada ekonomi kreatif Indonesia. Data diambil dan dianalisa menggunakan in-depth analysis. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan metode produksi dan tujuan produksi komik Indonesia di media sosial serta perubahan yang menjadi dampaknya pada kreator komik pada khususnya serta ekonomi kreatif di Indonesia pada umumnya. Penelitian ini berguna untuk data pendukung untuk memprediksi arah pengembangan industri komik Indonesia dari sisi creator, penerbit, maupun untuk para penentu kebijakan

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
300 Social Sciences > 330 Economics > 330 Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Mar 2020 05:39
Last Modified: 12 Jun 2023 07:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item