Penyebaran Berita melalui Media Sosial (Analisis Pola Berita Pilpres yang Disebarkan melalui Akun Twitter @Detikcom dan @Kompascom)

Veronika Sitompul, Silvia (2019) Penyebaran Berita melalui Media Sosial (Analisis Pola Berita Pilpres yang Disebarkan melalui Akun Twitter @Detikcom dan @Kompascom). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Oleh: Silvia Veronika Sitompul Mendapatkan informasi bagi masyarakat saat ini bukanlah hal yang sulit. Kebiasaan dalam mengakses berita melalui media daring menjadi rutinitas, yang menggantikan seseorang yang dahulu membaca koran untuk mendapatkan informasi. Seiring berkembangnya teknologi media daring menjadikan media sosial sebagai jembatan informasi yang cepat bagi para masyarakat. Pada 2008 Media Indonesia mulai menggunakan media sosial sebagai tempat penyebaran berita. Dua media yang memiliki jumlah pengikut yang terbanyak dari media lainnya adalah Detik.com @detikcom dan Kompas.com @kompascom. Salah satu topik pemberitaan yang ramai dimedia sosial pada April 2019 adalah, Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi yaitu pemilihan umum eksekutif dan legislatif. Pemilihan pemimpin bangsa menjadikan pemberitaan bulan April penting karena membahas mengenai pemilihan Presiden 2019. Penelitian ini menggunakan konsep news sharing and virality, jenis penelitian kuantitatif dengan sifat deskriptif, dan metode analisis isi kuantitatif untuk melihat bagaimana pola berita yang memiliki re-tweet tertinggi. Analisis kedua media dengan melihat jumlah re-tweet terbanyak mengenai berita pemilihan presiden, dan menganalisis pola berita lengkap, akurat, arah berita, konflik, pemilihan kata, kebaruan dan kutipan dari @detikcom dan @kompascom. Penelitian ini memiliki tujuh hasil yang sama diantara kedua media, yang menjadi pembeda adalah konflik pemberitaan. @detikcom memiliki pola dengan konflik dengan pemberitaan bertahap, sedangkan @kompascom memiliki dua kesamaan konflik pemberitaan mengenai konflik kepeercayaan suatu kelompok dan konflik bertahap.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pilpres, media online, news sharing and virality
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 13:01
Last Modified: 13 May 2023 01:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item