Wijayanto, Denny (2020) Analisi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Trust dan Perceived Risk serta Implikasinya terhadap Continuance Intention: Telaah pada Penggunaan Aplikasi PermataME. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di era digital yang semakin berkembang ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Penggunaan internet, komputer dan smartphone sudah menjadi hal yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari - hari, dimana setiap orang pasti menggunakan teknologi. Teknologi yang terus berkembang memberikan kemudahan dalam melakukan segala aktivitas salah satunya adalah perbankan di Indonesia yang terus melakukan perubahan dengan menghadirkan aplikasi mobile banking atau digital onboarding yang berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada setiap nasabahnya. Faktor-faktor yang menentukan seseorang akan menggunakan kembali mobile banking atau digital onboarding dengan para nasabah adalah mobility, customization, security, reputation, trust, dan perceived risk. PermataME merupakan salah satu digital onboarding selain Jenius dan Digibank yang baru muncul di Indonesia pada tahun 2018. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah Mobility, Customization, Security, dan Reputation dapat mempengaruhi Trust dan Perceived Risk serta memberikan suatu implikasi pada Continuance Intention di digital onboarding PermataME. Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam melakukan analisis penelitian ini, serta melakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 214 responden yang terdiri atas pria / wanita yang memiliki rentang usia dari 17-31 tahun, telah menggunakan aplikasi PermataME minimal 1 kali transaksi, dan merupakan nasabah dari Bank Permata. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan bantuan LISREL versi 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara mobility, security, dan reputation terhadap trust, hubungan positif antara trust terhadap continuance intention, dan hubungan negatif antara trust terhadap perceived risk dan perceived risk terhadap continuance intention. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa customization tidak memiliki pengaruh terhadap trust
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | mobile banking, mobility, customization, security, reputation, trust, perceived risk dan continuance intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 12:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 06:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13024 |
Actions (login required)
View Item |