Novelia Putri, Loretta (2020) Peran Berita Satire dalam Membentuk Persepsi Pembaca di Media Opini.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (681kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (248kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (939kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (173kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan bahasa satire saat ini mulai digunakan oleh media seperti media online, salah satunya adalah Opini.id. Bahasa satire berupa kritikan yang ditujukan kepada seseorang. Selan itu, bahasa satire dapat mempengaruhi efek media kepada pembaca seperti dapat mempengaruhi pembaca setelah disajikan tulisan atau pesan media. Maksudnya adalah apakah bahasa satire tersebut dapat menciptakan persepsi kepada pembaca. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahasa satire disajikan di dalam website Opini.id dan mengetahui bagaimana bahasa satire dapat berperan dalam pembentukan persepsi pembaca dalam tulisan yang disajikan oleh website Opini.id. Metode yang digunakan adalah metode persepsi. Dari kelima informan yang diteliti, pada tulisan opini pertama 3 dari 5 informan yang sebelumnya setuju dengan RKUHP menjadi tidak setuju sedangkan selebihnya dari awal memang sudah tidak setuju. Sedangkan, pada tulisan kedua, 1 dari 5 informan mengatakan tidak memiliki perbedaan pada pelantikan Jokowi menjadi merasa pada pelantikan Jokowi memiliki perbedaan sementara selebihnya dari awal memang merasa memiliki perbedaan di kedua pelantikan Jokowi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan bahasa yang digunakan seperti kritikan halus sehingga dapat membuat informan menjadi memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai kasus yang diangkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | satire, persepsi, tulisan, media online, efek media |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 12:31 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 06:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13029 |
Actions (login required)
View Item |