Peran Berita Satire dalam Membentuk Persepsi Pembaca di Media Opini.id

Novelia Putri, Loretta (2020) Peran Berita Satire dalam Membentuk Persepsi Pembaca di Media Opini.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (939kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan bahasa satire saat ini mulai digunakan oleh media seperti media online, salah satunya adalah Opini.id. Bahasa satire berupa kritikan yang ditujukan kepada seseorang. Selan itu, bahasa satire dapat mempengaruhi efek media kepada pembaca seperti dapat mempengaruhi pembaca setelah disajikan tulisan atau pesan media. Maksudnya adalah apakah bahasa satire tersebut dapat menciptakan persepsi kepada pembaca. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahasa satire disajikan di dalam website Opini.id dan mengetahui bagaimana bahasa satire dapat berperan dalam pembentukan persepsi pembaca dalam tulisan yang disajikan oleh website Opini.id. Metode yang digunakan adalah metode persepsi. Dari kelima informan yang diteliti, pada tulisan opini pertama 3 dari 5 informan yang sebelumnya setuju dengan RKUHP menjadi tidak setuju sedangkan selebihnya dari awal memang sudah tidak setuju. Sedangkan, pada tulisan kedua, 1 dari 5 informan mengatakan tidak memiliki perbedaan pada pelantikan Jokowi menjadi merasa pada pelantikan Jokowi memiliki perbedaan sementara selebihnya dari awal memang merasa memiliki perbedaan di kedua pelantikan Jokowi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan bahasa yang digunakan seperti kritikan halus sehingga dapat membuat informan menjadi memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai kasus yang diangkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: satire, persepsi, tulisan, media online, efek media
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 12:31
Last Modified: 28 Apr 2023 06:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item