Rancang Bangun Game Roguelike 2D Top Down Shooting Menggunakan Algoritma Drunkard Walk

Goandy, Handy (2020) Rancang Bangun Game Roguelike 2D Top Down Shooting Menggunakan Algoritma Drunkard Walk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (783kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (941kB)

Abstract

Video Game adalah sebuah jenis permainan yang dimainkan oleh pemain yang berinteraksi dengan perangkat video. Video Game sendiri merupakan bagian dari entertainment yang berkembang pesat setiap tahunnya seiring dengan berkembangnya konten dan permintaan dari pemain. Untuk meningkatkan perkembangan konten, permainan itu harus dapat menciptakan suasana permainan yang tidak membosankan seperti meningkatkan Replayability, yaitu konten yang dihasilkan secara berulang kali dan unik untuk meningkatkan long-term enjoyment. Salah satu genre permainan yang dapat mencapai nilai Replayability adalah permainan Roguelike, di mana permainan ini mengandalkan Procedural Content Generation dan sistem permadeath sebagai mekanisme dari permainan. Dengan memberikan Procedural Content Generation, konten permainan yang diciptakan secara otomatis dan acak dapat meningkatkan nilai Replayability. Salah satu algoritma yang termasuk bagian dari Procedural Content Generation adalah algoritma Drunkard Walk, di mana algoritma ini menciptakan ruangan dan konten dari suatu permainan berdasarkan arah pergerakan algoritma itu pergi. Pergerakan yang bersifat tidak pasti dapat menghasilkan sebuah ruangan dan konten secara acak. Namun metode ini tidak memiliki riset yang banyak dalam perkembangan permainan bersifat Procedural Content Generation. Padahal metode ini dapat membantu untuk memotong biaya permainan tanpa menghilangkan konten dari permainan tersebut. Berdasarkan permasalhan tersebut, dibangun sebuah permainan Roguelike yang menerapkan metode tradisional berupa Top-Down Shooting dan menerapkan algoritma Drunkard Walk untuk meningkatkan tingkat kepuasan pemain terhadap permainan yang mereka mainkan. Permainan ini berhasil dibangun dengan baik dan diuji kepada 30 responden untuk mengetahui tingkat kepuasan responden terhadap permainan yang telah dibuat. Permainan yang diuji lalu dievaluasi dengan Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS) dan mendapatkan hasil 71% (Bagus) pada tingkat kepuasannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Drunkard Walk Algorithm, Roguelike, Tingkat Kepuasan, Video Game
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:35
Last Modified: 09 Aug 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item