Silmi Zahratun Fadillah, Ayu (2020) Analisis Pengaruh Organizational Learning dan Job Satisfaction terhadap Employee Performance; Telaah pada Karyawan Regional Office PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sektor Informasi dan Komunikasi merupakan sektor pendukung Produk Domestik Bruto (PDB) dengan laju pertumbuhan yang lebih besar dibandingkan sektor lainnya dengan sektor jasa telekomunikasi yang memberikan share paling besar dibandingkan sektor lainnya. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan terbesar di sektor Telekomunikasi, tetapi berdasarkan fenomena yang ditemukan oleh penulis terdapat beberapa kendala seperti tidak tercapainya target kerja di mana karyawan mengaku tidak bersemangat dalam mencapai target kerja. Selain itu, mereka kesulitan dalam membuat rencana pekerjaan dan mengeluh sulit untuk mengambil keputusan dalam pekerjaan. Kemudian sulit bekerja dalam tim yang menyebabkan kurangnya hubungan baik dengan rekan kerja. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel organizational learning dan job satisfaction terhadap employee performance pada karyawan Regional Office PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik sampling nonprobability, khususnya judgemental sampling. Pengumpulan data diperoleh dari proses penyebaran kuesioner kepada 150 karyawan Regional Office PT XYZ yang berhasil memenuhi kriteria yang ditentukan penulis sebelumnya melalui screening question yaitu status pekerjaan dan lama bekerja di mana karyawan dengan status kerja kontrak dan lama bekerja kurang dari satu tahun akan gugur menjadi responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang ditemukan melalui penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan dari organizational learning terhadap job satisfaction, adanya pengaruh positif dan signifikan dari organizational learning terhadap employee performance, adanya pengaruh positif dan signifikan dari job satisfaction terhadap employee performance di Regional Office PT XYZ. Penulis menyarankan perusahaan agar menggunakan Information and Communication Technology (ICT) dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan guna membantu meningkatkan employee performance karyawan di Regional Office PT XYZ seperti memberikan pelatihan penggunaan sistem yang mudah sehingga kinerja karyawan akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | organizational learning, job satisfaction, employee performance |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and Learning 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 11:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 08:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13121 |
Actions (login required)
View Item |