Levana, Meghan (2020) Pemanfaatan Media Sosial dalam Praktik Jurnalisme di Media Konvensional: Studi Kasus pada Radio Suara Surabaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (228kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (11MB) |
Abstract
Oleh: Meghan Levana Perkembangan teknologi berdampak dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam aspek proses penyebaran informasi. Hal ini pun dimanfaatkan oleh media untuk memaksimalkan perannya dalam memproduksi dan mendistribusikan berita. Kelahiran media baru melahirkan bentuk komunikasi baru yang disebut mass-self communication. Bentuk komunikasi ini dapat dengan mudah ditemui dalam media sosial. Keberadaan mass-self communication dalam media sosial turut mengubah wajah jurnalisme. Audiens kini dapat ikut serta dalam proses jurnalistik melalui media sosial. Hal ini disebut sebagai social journalism. Dampak media sosial terhadap jurnalisme dapat dilihat melalui tiga aspek, yaitu proses pengumpulan informasi, proses pelaporan berita, dan merekomendasikan berita. Bahkan media sosial pun dimanfaatkan oleh media konvensional dalam proses jurnalistiknya. Salah satunya adalah Radio Suara Surabaya. Dengan menggunakan studi kasus Robert K. Yin, penelitian ini mencoba meneliti pemanfaatan media sosial Facebook e100 milik Radio Suara Surabaya dalam praktik jurnalismenya. Peneliti menemukan bahwa Radio Suara Surabaya memanfaatkan e100 dalam proses pengumpulan informasi dengan cara crowdsourcing. Informasi yang didapatkan secara crowdsourcing kemudian diverifikasi dan dikurasi. e100 juga dimanfaatkan untuk melaporkan berita hard news maupun soft news. Laporan berita berupa teks yang bisa disertai foto atau video. Fitur siaran langsung di Facebook dimanfaatkan untuk melaporkan program siaran atau peristiwa khusus. Dalam proses rekomendasi berita, e100 dimanfaatkan sebagai sarana untuk promosi konten media online, serta sebagai sarana untuk membangun audiens yang lebih luas. Para pengikut e100 memanfaatkan fitur tag, mention, dan share untuk merekomendasikan konten e100 ke orang lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media baru, mass-self communication, media sosial, social journalism, Facebook, e100, Radio Suara Surabaya |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 11:26 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13125 |
Actions (login required)
View Item |