Wirawan, Cynthia (2020) Pengaruh Kualitas Konten Berita Media Online terhadap Pembentukan News Trust dan Persepsi Audiens. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
PENGARUH KUALITAS KONTEN BERITA MEDIA ONLINE TERHADAP PEMBENTUKAN NEWS TRUST DAN PERSEPSI AUDIENS Cynthia Wirawan Dengan adanya perkembangan dalam media, peneliti ingin mengetahui tentang konten yang akan dihasilkan oleh media, khususnya media online yang kini sudah semakin berkembang. Peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan antara kualitas konten media online di Indonesia dengan pembentukan persepsi dan tingkat kepercayaan masyarakat (news trust). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan mixed methods, dimana peneliti akan mengukur variabel persepsi audiens, tingkat kepercayaan audiens (news trust) serta kualitas konten. Teori yang akan digunakan oleh peneliti adalah teori uses & gratifications yang dianggap sesuai dengan topik penelitian yang dipilih. Subjek penelitian yang akan diteliti terdiri dari 214 orang milenial dengan tahun kelahiran 1981-1996 dengan purposive sampling. Survei ini disebarkan untuk masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta. FGD dilakukan melalui 3 rangkaian FGD dengan subjek dipilih secara random melalui kuesioner penelitian yang telah didapatkan sebelumnya. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara kualitas konten sebuah media online terhadap pembentukan persepsi serta tingkat kepercayaan masyarakat di Indonesia. Kualitas konten dan tingkat kepercayaan audiens memiliki korelasi yang sangat kuat antara variabel kualitas konten dengan tingkat kepercayaan audiens (news trust) yaitu sebesar 0,826 dengan nilai signifikansi 0,00. Relevance, Comprehensibility, Accuracy dan Impartiability adalah indikator kualitas konten berita yang paling banyak mendapat suara dalam kuesioner maupun bahasan para responden saat FGD. Dari hasil FGD, didapat bahwa isi konten berpengaruh besar terhadap tingkat kepercayaan dan penilaian audiens terhadap media walau beberapa ada yang masih terpengaruh nama besar atau brand image media. Hal ini seperti yang didapatkan dalam riset terdahulu Urban dan Schweiger (2013) yang mengungkapkan jika brand image perusahaan juga memengaruhi kepercayaan audiens terhadap media.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media online, persepsi audiens, tingkat kepercayaan audiens, news trust, kualitas konten, mixed method |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 11:09 |
Last Modified: | 13 May 2023 07:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13147 |
Actions (login required)
View Item |