Gunawan, Ricky (2020) Pengujian Ulang Variabel Trust and Satisfaction pada E-Marketplace Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (497kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (336kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (892kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (130kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (907kB) |
Abstract
Perkembangan E-Marketplace di Indonesia cukup menjanjikan, ditandai dengan pertumbuhan belanja online di Indonesia yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. iPrice melaporkan combined traffic untuk belanja online di Indonesia merupakan yang terbesar dibandingkan lima negara Asia Tenggara lainnya pada H12018 hingga H12019. Perkembangan yang terus berubah selalu memberi peluang untuk menelusuri dan menguji ulang penelitian terdahulu yang juga membahas perkembangan E-Marketplace. Beberapa penelitian terdahulu menemukan faktor kepercayaan dan kepuasan pelanggan sebagai salah satu penyebab penggunaan E-Marketplace. Sehingga, akan sangat menarik untuk menguji ulang hasil temuan mengenai kedua faktor ini. Penelitian dilakukan terhadap 4 objek penelitian yakni Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada dengan model PLS-SEM menggunakan SmartPLS untuk keperluan kalkulasinya, dan difokuskan untuk menelusuri variabel-variabel yang dapat memberi dampak positif kepada variabel Trust dan Satisfaction. Penelitian terdahulu yang serupa digunakan sebagai referensi untuk perbandingan. Hasil penelitian berupa pembuktian hipotesis beserta tabel-tabel laporan yang kemudian dibandingkan relevansinya dengan jurnal yang dijadikan referensi. Hasil penelitian menemukan bahwa bilamana dilihat secara garis besar melalui penilaian modus atas pembuktian hipotesis masing-masing E-Marketplace, dapat disimpulkan bahwa terdapat hanya 2 dari 12 hipotesis pada jurnal referensi yang masih bisa didukung relevansinya, hipotesis mengenai Perceived Risk berdampak signifikan positif terhadap Trust dan hipotesis mengenai Trust berdampak signifikan positif terhadap Satisfaction.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-Marketplace, Trust, Satisfaction, PLS-SEM, SmartPLS |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 10:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 05:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13166 |
Actions (login required)
View Item |