Analisa Sentimen Destinasi Wisata Labuan Bajo pada Instagram

Gousander, Vegeterrikin (2020) Analisa Sentimen Destinasi Wisata Labuan Bajo pada Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (848kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (992kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Oleh: Vegeterrikin Gousander Labuan Bajo menjadi tempat destinasi wisata premium yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan wisatawan lokal. Wisatawan yang pernah berkunjung ke Labuan Bajo tentu pernah berfoto atau video, kemudian mengunggah ke media sosial seperti Instagram yang disertakan teks berupa caption, hashtag, mention dan lain-lain. Secara tidak sadar bahwa teks caption yang ditulis oleh user dapat memberikan suatu feedback dan mengungkapkan sesuatu apakah si user tersebut merasa puas, kecewa, atau sedih, sehingga pemberian tanggapan terhadap sesuatu ulasan tidaklah selalu bersifat positif, tetapi ulasan dapat di klasifikasi menjadi 3 kategori yaitu positif, netral dan negatif. Data-data yang diperoleh dari Instagram, dikelola berupa feeds yang di publikasi secara umum oleh pengguna di Instagram. Data-data tersebut dalam bentuk teks yang dikelola analisis sentimen dengan pendekatan Lexicon-based menggunakan model VADER sentiment, dan dilakukan analisa terhadap penggunaan hashtag untuk mengetahui destinasi yang sering di posting. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode sentimen lexicon-based menggunakan VADER sentiment memberikan nilai akurasi 72%. Informasi yang diperoleh bahwa destinasi wisata Labuan Bajo memberikan hasil sentimen yang baik dengan jumlah label positif sebanyak 1.962 dari 3.351 data atau 58.5% termasuk positif. Dengan lokasi yang paling populer yang dikunjungi oleh wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara yaitu: pulau Komodo, pulau Padar, pantai Pink, pulau Kelor, pulau Rinca, pulau Kanawa dan Desa Waerebo.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Sentiment Analysis, Text Mining dan VADER Sentiment
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 10:54
Last Modified: 07 Aug 2023 05:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item