Nanda, Mudita (2020) Pengaruh Internal Brand Management Terhadap Job Satisfaction & Brand Commitment serta Implikasinya Terhadap Intention to Stay pada Karyawan Perusahaan XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (598kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (963kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (234kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu industri yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product) dunia. Didukung dengan perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dan kecepatan bagi para penggunanya, batasan jasa yang bisa ditawarkan oleh industri pariwisata menjadi tidak terbatas. Salah satunya adalah perusahaan XYZ, perusahaan travel technology yang bersifat B2B. Perkembangan industri secara pesat tentunya berdampak pada pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja, begitu juga dengan tingkat turnover. Perusahaan XYZ mengalami turnover karyawan sebesar 40.50% pada tahun 2019, sehingga dapat disimpulkan bahwa intention to stay karyawan rendah. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan agar tetap bertahan adalah melalui internal brand management dan pemenuhan job satisfaction yang menjadi tuntutan karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan brand commitment dan juga meningkatkan intention to stay mereka di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif antara internal brand management terhadap brand commitment, pengaruh positif antara internal brand management terhadap job satisfaction, serta menganalisa peranan brand commitment sebagai variabel mediasi antara job satisfaction dengan intention to stay karyawan perusahaan XYZ. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode nonprobability sampling, dengan teknik judgement dan convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 75 orang karyawan tetap perusahaan XYZ. Hasil pengolahan data pre-test dilakukan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 23.0, dan main-test menggunakan software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukan bahwa internal brand management berpengaruh secara positif terhadap brand commitment dan juga job satisfaction karyawan tetap perusahaan XYZ.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Internal Brand Management, Job Satisfaction, Brand Commitment, Intention to Stay, pariwisata |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 10:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 08:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13210 |
Actions (login required)
View Item |